BLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

 


Oleh: Lilyanti Idris

Resume : 5

Gelombang : 29

Hari/ Tanggal : Rabu, 28 Juni 2023

Tema. : BLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Nara sumber : DAIL MA'RUF, M.Pd

Moderator : HELWIYAH, S.Pd, MM


''Jalan-jalan ke pulau Alor, Banyak wisarawan datang berkunjung. Mari semua jadi motivator, Sebarkan virus literasi janganlah canggung. 

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. Atau dengan kata lain pengalaman mengajarkan kita untuk bisa berubah dan memperbaiki jati diri. 

Adanya Covid-19 yang telah melanda dunia dan merubah tatanan hidup manusia menjadikan kita sebagai guru tanggap terhadap semua fenomena yang terjadi. Perubahan sistem pembelajaran yang konvensional atau tatap muka di kelas seketika berubah menjadi online atau dalam jaringan. 

Hal ini menuntut kita sebagai guru untuk bisa beradaptasi  di era- digital 5.0 dengan media digital terbarukan. Hikmahnya adalah semua guru di dunia menjadi mengenal berbagai macam aplikasi yang bisa memudahkan kegiatan pembelajaran mereka.

Zaman sekarang ini apalagi sebagai guru jika tidak mempunyai blog apa kata dunia?

Melalaui pertemuan malam ini, kita semua akan diajarjan oleh Bapak Nara Sumber kita bagaimana pemnfaatan blog sebagai media pembelajaran. 

Menurut pengertiannya  blog berasal dari kata ''weblog'' yang diperkenalkan ole Jhon Barger pada tahun 1998. Hal ini dikarenakan ia menganggap bahwa blog ini adalah website yang bersifat pribadi dan dapat berubah-ubah sesuai dengan keinginan pemilinya

Di Indonesia, blog mulai dikenal pada nasa awal reformasi tahun 1998 oleh penemunya sendir Jhon Barger. Penggunaannnya pun masih sebatas buku harian dan selanjutnya berkembang menjadi 12 jenis blog.

Beberapa jenis blog yang wajib diketahui :

1, Blog Pendidikan.

2. Blog Sastra

3. Blog pribadi

4. Blog bertopik

5. Blog Hukum

6. Blog Media

7. Blog Agama

8. Blog Bisnis

9. Blog kesehatan

10. Blog Politik

11. Blog Perjalanan

12. Blog Riset

Adapun manfaat blog dalam pendidikan yaitu :

a. Blog sebagai rumaah belajar dan berbagi guru

b. Blog dapat meringankantugas dan beban guru dalam mengajar

c, Blog dapat meningkatkan minat belahjar para siswa

d. Blog dapat diakses siapapun di be;ahan dunia

e. Blog dapat menjadi media silaturahmi


Salah satu cara yang paling ampuh untuk menggunakan blog sebagai media pembelajaran adalah dengan menyisipkan Video You Tube Tutorial Pembelajaran ke dalam bkog pribadi yang kiat milliki. 

Selanjutnya kita dapat me,minta siswa untuk memberikan tanggaapan melalui  blog yang berisi turial tadi. Bisa juga  jawabannya dikirim ke blog dan linknya di kirim ke grup kelas.

Atau cara lainnya memberikan ulangan harian melalui blog, dan jawabnnya langsung pula didampaikan kepada blog tersebut sebagai tanggapan.

Menjawab pertanyaan dari peserta Ibu Endang Juwita Bogor terkait pembuatan blog pada anak usia dini, menurut Pak Nara Sumber disesuikan dengan usia anak. Mencari blog untuk mereka harus sesuai dengan karakter yang mereka kenali agar  mudah untuk beradaptasi.

Menjaga konsistensi menulis di blog adalah dengan ikut bergabung dalam komunitas blog tertentU

Judul yang menarik akan membuat orang penasaran dengan apa yang kita tulis ditambah dengan ilustrasi berupa gambar yang menarik sehingga ada keterkaitan.

Sebagai pemula kita sering kali keliru dalam menggunakan blog, tetapi dengan latihan dan sering menggunakan blog lambat laun pasti lincah. 

Selanjtnya adalah forum diskusi dan tanya jawab .

Pertanyaan menarik dari Bu Darti, jika pembelajaran menggunakan blog dilaksanakan oleh siswa kelas 1 SD apakah direkomendasikan karena jelas penggunaan blog membutuhkan internet?

Bagi sekolah di kota besar yang rata-raata orabg tua berada di level menengah hal ini tidak akan menjadi masalah. Bagi siswa yang masih berada di level bawah perlu pendampingan dari oarangtua. Bagi yang berada di level atas bisa mandiri, tatapi umumnya siswa SD belum diberikanijin untuk menggunakan gawai. 

Pertanyaan menarik datang  adri Ibu Murtini Lumajang. Jika ada siswa yang menjawab pertanyaan yang dibagikan melalui blog apakah tidak menutup kemungkinan mereka kan copy paste?

Strateginya yaitu memberikan aturan tegas jika mempunyai jawaban yang sama maka harus dijawab lisan apa yang sudah tertulis harus sama persis agar mendapatkan nilai. Atau juga soalnya dibuat dalm bentuk G-form dan diacak nomornya. Link soal pada G-Form itu yang dibakikan ke blog. 

Agar siswa semakin antusias menggunakan blognya tak ada salahnya segala informasi penting dimuat pada blog saja.

Pertanyaan Bu Silvie Bandung adalah apakah sebaiknya blog pribadi dan blog pembelajara harus dipisah, dan bagaiamana gar blog menjadi menarik?

Tentu saja harus dipisah, kata Pak Dail agar rahasia kita sebagai guru aman dan terjamin, Agar blog menjadi menarik kita harus rajin mengubah profile dan rajin menonton cara buat blog yang menarik.Jika tekun maka semua kan dengan mudah diperoleh. 

Bagi siswa TK/ SD blog yang dibuat harus berwarna dan menggunakan huruf yang besar-besar.

untuk siswa SMP dan SMA blog itu perlu untuk diselingi dengan dunia mereka dunia remaja dan kiat-kiat sukses dan tips. Bila perlu disipi dengan kuis berhadiah jika jawabannya benar semua. Jika ada tantangan akan semakin menarik. 

Beralih ke pertanyaan Ibu Patonah, Apakah ada batasan daam menulis di blog dan apa saja yang boleh dan tidak boleh diktilis di blog?

Blog itu seperti tempat curhat. Tentunya kita bisa tahu batasan pengunaanya terkait etika dan agama..Jika sesuatu bertentangan maka tidak boleh ditulis di blog dan diposting. Ini berlaku untuk semua media sosial yang kita miliki. Intinya yang tidak mencoret harga diri bangsa dan mengandung unsur SARA  dan mencemarkan nama baik orang lain.

Selanjutnya perttanyaan Ibu Intan Purnama Kediri. Pertanyaanya bolehkah mengupload tulisan di dua akun? Peminat blog masih sangat jarang, kalau pun ada hanya sebagi sarat untuk mengukuti kelas menulis, seperti yang dialami penanya?

Keasyikan pada blog terkadang membuat kita sering mengupload tulisan yang sama pada blog yang berbeda.  Tetapi harus diingat adalah kedua akun blog itu adalah milik pribadi. Tetapi sebaiknya sebelum diposting apayang tertulis itu disimpan atau disave di word.

Pertanyaan Ibu Rina terkait pembelajaran menggunakan blog apakah efektif. semua tergantung pengkondisian dari guru yang bersangkutan. Jika ada perubahan ke arah yang lebih baik sebaiknya dimanfaatkan.

Ayo gunakan teknologi ini untuk mengembangkan daya pikir dengan menulis untuk kemajuan bangsa. 

Kalabahi, 28 Juni 2023



Komentar

  1. wow...resume yang super lengkap--mksh bu sudah buat resume sebaik ini. sehat dan sukses slalu. Resume yang mencerahkan dan enak dibaca.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima Kasih, Pak Dail. Masih terus belajar bersama Tim Solid.

      Hapus
  2. Apakah sudah pernah membuat blog sebagai media pembelajaran?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum pernah. Insyaallah akan saya coba semester ini.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BERKAH MENULIS ALA BU RITA WATI

KIAT MENULIS FIKSI By "MAZMO"

BETTER LATE THAN NEVER