Melintas.id TERDEPAN DAN TERPECAYA DALAM LITERASI DAN EDUKASI

 

Oleh: Lilyanti Idris

Resume : 6

Gelombang : 29

Hari/ Tanggal : Jumad, 30 Juni 2023

Tema : Teknik Menulis Untuk Situs Portal    Berita Melintas.id

Nara sumber : Raymundus Brian Prasetiawan, S.Pd

Moderator : Arofiah Afifi, S.Pd


''Aku lebih takut kepada tiga penulis yang bersenjata pena daripada ribuan prajurit yang bersenjata bayonet lengkap,'' kata Napoleon Bonaparte. 

Kalimat sederhana namun memiliki makna yang begitu dalam mengawali kelas belajar malam ini disampaikan oleh moderator Ibu Arofiah Afifi, S.Pd

Begitu dahsyatnya sebuah tulisan, hingga mampu mengalahkan sakitnya tertusuk senjata tajam. Bisa dikatakan lebih baik tertusuk sembilu daripada sakit hati karena membaca tulisan orang yang menggetarkan sukma. Pengaruhnya menembus segala aspek kehidupan bahkan bisa jadi pula mengganggu stabiltas suatu tempat. 

Untuk menunjukan eksistensi bahwa tulisan itu bernilai atau mempunyai kekuatan  yang dahsyat, maka perlu adanya wadah yang nendukung agar tulisan itu mudah dikenal secara luas yakni portal berita. seperti Melintas.id 

Siapa pun orangnya pasti berkeinginan untuk bisa menulis di Melintas.id tapi penasaran bagaimana caranya? Nah untuk menjawab rasa penasaran itu marilah kita bersama mengikuti penyamapaian materi malam ini yang akan disampaikan langsung oleh Pimpinan Redaksi Portal Berita Melintas.id Bapak Brian Prasetiawan. 

Bagi saya nama ini sudah tidak asing lagi karena saya pernah mengikuti materi dalam kelas belajar menulis buku inspirasi yang salah satu nara sumbernya adalah Pak Brian. Tetapi untuk malam ini agak sedikit berbeda karena materi yang akan disampaikan adalah materi yang luar biasa sekali. Sangat keren karena ini adalah materi baru yang ada di kelas KBMN PGRI 29. 

Awal pendirian Melintas.id adalah berdasarkan pengalaman  Pak Achmad Fatchudin yang merupakan alumnus KBMN gelombang 27 menjadi penulis pada salah satu media online dan mendapatkan profit atau keuntungan jika tulisannya dimuat. Selanjutnya beberapa orang alumni dan tim solid Om Jay  dan Om Jay sendiri kemudian membentuk tim redaksi yang terdiri dari 7 orang.

Tujuan didirikannya  Melintas.id adalah untuk memberikan nilai tambah bagi anggota KBMN PGRI. Tidak hanya penghasilan tetapi memberi wadah pengembangan diri dalam hal menulis untuk peserta maupun alumni KBMN PGRI. Melintas.id merupakan situs portal yang berbeda dengan tulisan blog, buku, karya ilmiah dan tulisan lainnya.

Sumber daya manusia adalah modal KBMN PGRI yang jika setiap gelombangnya mampu menyerap 500-1000 peserta maka tidak menutup kemungkinan akan menghasilkan 10% peserta  yang aktif dan produktif.  Bisa menghasilkan konten-konten tulisan yang orisiil, bermutu dan dicari banyak orang.

Umumnya peseta KBMN PGRI adalah guru, kepala sekolah,  pengawas  dan semua yang terikat dalam dunia pendidikan. Semua stake holder ini secara bersama-sama  mengembangkan media ini  sebagai media terdepan dan terpercaya dalam literasi dan edukasi. 

Melintas.id merupakan situs portal berita nasional yang pengelolaan IT-nya di bawah asuhan Promedia. Sama seperti media online Suara Merdeka dan Jawa Pos. 

Ciri yang membedakan Melintas.id dengan portal lainnya adalah  untuk setiap paragraf pembuka selalu diisi dengan alimat berita sebelum  tulisan cerpen /puisinya. Hal ini karena memang situs ini adalah situs berita. Jadi meskipun tulisan itu berupa sastra pun tetap dikemas seperti postingan berita. 

Melintas.id menyediakan 10 menu rubrik yang bisa dimanfaatkan untuk menulis. Yakni : Pendidikan (berita pendidikan umum), Sastra (cerpen, puisi, pentigraf, dll), Parenting,  news, Religi,Sekolah (berita kegiatan dan prestasi sekolah), Literasi (hal-hal tentang menulis, resensi buku, kegiatan literasi di sekolah/komunitas, seputar KBMN PGRI), Ragam (kuliner, travelling, kesehatan, budaya), Olahraga dan Opini. ngirim 

Ada 2 kategori  penulis di Melintas.id yaitu:

1. Penulis Lepas (Penulis ini tidak tergabung di grup WA melintas, tidak ada target jumlah tulisan, mengirim lewat email. 

2. Penulis Tetap. (Jika yakin ingin bergabung dengan Melintas.id , berarti siap mengikuti setiap aturan dan memenuhi target jumlah tulisan). Ke depannya akan berpeliang mendapat honor jika   Melintas.id sudah  mampu menghasilkan pendapatan. 

Adapun jenjang penulis di Melintas.id yaitu:

a. Calon Content Creator (CC). 

Dikhususkan bagi yang baru bergabung dimasukkan dalam grup. Nama penulis masih bersama dengan nama Editor, disebut kontributor. Target menulis 15 tulisan sebulan. Jika  memenuhi target akan menjadi Content Creator (CC). Bila tidak memenuhi akan dikeluarkan dari grup dan silahkan menjadi penulis lepas.

b. Content Creator (CC)

Jika memenuhi syarat 15 tulisan akan masuk di grup author dan CC melintas, resmi menjadi agen Melintas.id. Nama penulis masih menempel dengan nama editor.

c. Author

Harus menulis 20 tulisan setiap bulan nama tercatat di data base Melintas.id. Profil nama sendiri dan sudah menjadi penulis seutuhnya. Tetapi jika tidak memenuhi akan diturunkan menjadi kontributor.

Berikut ini adalah cara mengirim tulisan ke Melintas.id  sebagai penulis lepas  https://www.melintas.id/literasi/34688327/ketentuan-dan-cara-mengirim-tulisan-ke-media-online-melintasid

Cara menulis di  Melintas.id sebagai penulis tetap:

Penulis melintas tidak memiliki akun akses menulis langsung di melintas hanya editor dan tim redaksi saja. Maka cara menulisnya adalah dengan menulis di word lalu mengirim ke google form. Berikut ini tata caranya:

1. Download format file word

2. Isi seluruh kolom table yang disediakan, baru lalu menulis isi tulisan

3. Kirim ke link form:

Setiap tulisan tidak langsung tayang tetapi masih harus ditangani oleh tim editor. Hal ini bisa memakan waktu yang cukup lama. Tim Editor juga manusia teman-teman. 

c Menjunjung anti Plagiarisme. Ketentuan tentang tulisan CC dapat diunduh pada link yang dibagikan. Untuk mengecek keaslian tulisan batas toleransinya 30 %. 

Wajib hukumnya setiap berita yang ditampilkan di Melintas.id  menampilkan gambar tetapi tidak semua bisa digunakan. Gambar yang boleh dipakai hanyalah dari dokumentasi pribadi, medsos tokoh/instansi, situs penyedia gambar gratis seperti freepik.com, pixabay.com, pexels.com, dll.

Panjang tulisan minimal 350 kata. Maksimal 800 kata. Kecuali puisi minimal 4 bait dan setiap baitnya terdiri dari 4 baris. Jangan lupa paragraf pembuka tentang deskripsi puisi yang ditulis. 

Bagi yang berminat untuk menjadi penulis  tetap di Melintas.id atau sebagai Calon CC  yuk lengkapi data diri anda lewat form: https://forms.gle/qPfaGNT3TbAyppka9 . Tetapi intinya harus komitmen untuk menulis setiap hari.Jika sekedar iseng dan coba-coba kirim saja tulisannya di email.


Akhir kata saya ucapkan : HAPPY BIRTHDAY TO Pak BRIAN

Kalabahi, 30 Juni 2023

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BERKAH MENULIS ALA BU RITA WATI

KIAT MENULIS FIKSI By "MAZMO"

BETTER LATE THAN NEVER