KIAT MENULIS FIKSI By "MAZMO"

 



Oleh: Lilyanti Idris

Resume : 9

Gelombang : 29

Hari/ Tanggal : JUM'AT,  14 JULI 2023

Tema : KIAT MENULIS CERITA FIKSI

Nara sumber : SUDOMO, S.Pt

Moderator : AROFIAH AFIFI, S.Pd

Tak kenal maka tak sayang maka sebelum menyimak pemaparan materi tak ada salahnya kita menyimak sedikit profil malam ini. Beliau adalah seorang guru yang bertugas atau mengabdikan dirinya pada SMP Negeri 3 Lombok Barat. Beliau juga merupakan jebolan program Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yakni Guru Penggerak Angkatan ke 2.

Selanjutnya kegiatan malam ini menggunakan ''Alur Merdeka''. Bagi yang sudah menjadi alumna pastilah sudah paham dengan alur tersebut. Tetapi bagi yang belum hal ini akan menjadi pengalaman baru yang sangat bermanfaat.

A. MULAI DARI DIRI

Saya akan mencoba menjawab pertanyaan yang diberikan oleh ''Mazmo''

1. Seberapa sering Bapak/Ibu menulis cerita fiksi? Saya tidak terlalu sering menulis karena jika terjeda maka kan langsung blank ide. 

2. Mengapa Bapak/Ibu tertarik menulis fiksi? Karena dengan menulis fiksi saya bisa mengekspresikan apa yang ada di dalam hati dan pikiran sesuai dengan keinginan saya sendiri. 

3. Apa yang BAPAK /Ibu pahami tentang menulis fiksi ? Menurut saya menulis fiksi adalah menulis kisah tidak nyata bisa berupa khyalan atau imajinasi penulisnya.

4. Bagaimana  langkah Bapak/Ibu agar bisa menulis fiksi dengan baik? Langkah yang saya pilih adalah mengikuti diklat menulis atau berbagi pengalaman dengan rekan-rekan yang lebih berpengalaman dalam bidang tulis menulis. Seperti kegiatan KBMN PGRI 29  yang syarat ilmu dan pengetahuan tentang kepenulisan.

B. EKPLORASI KONSEP

Dapat disimak pada video yang dibagikan yakni pada link https://youtu.be/dXX9RWxT-u8 dan pada materi PDF Materi Menulis Cerita Fiksi itu Mudah

Tantangan menulis cerita fiksi : 

I. SYARAT MENULIS CERITA FIKSI

1. Komitmen dan niat yang kuat untuk menyelesaikan apa yang telah ditulis

2. Kemauan dan kemampuan melakukan riset agar cerita fiksi tetap logis

3. Bnayak membaca cerita fiksi sebagqi bekal tambahan terkait teknik penulisab

4. Mempelajari KBBI dan PUEBI

5. Memahami dasar-dasar menulis fiksi

6. Menjaga komitmen menulis cerita 

II. MEMBUAT PREMIS

Premis diartikan sebagai ringkasan/ sinopsis cerita fiksi yang mengandung tokoh, karakter, rintangan, dan resolusi hanya dalam satu kalimat. 

Contoh Premis

Kisah REINA membongkar kasus perdagangan manusia oleh sindikat mafia.

Untuk menjabarkan  premis bisa dengan menentukan :  tokoh, karakter, tantangan dan resolusi. Yang perlu dipertajam atau dipertegas adalah tantangan si tokoh. 

III. PROSES KREATIF MENULIS

Untuk menemukan tema sebaiknya kita menentukan ending/akhir  cerita terlebih dahulu agar lebih mudah untuk menentukan genre yang sesuai. 

Selanjutnya membuat kerangka karangan karangan /outline sederhana berupa tema, premis, alur/ plot, penokohan, latar/ setting dan sudut pandang tulisan.

Langkah terakhir adalah mengembangkan kerangka /outline tersebut menjadi tulisan yang utuh. Penting untuk diperhatikan dalam menulis adalah ''selesaikan apa yang telah dimulai dan jangan menulis sambil mengedit.''

Jika tukisan telah selesai, lakukan ''swasunting'' . Swasunting terkait logika cerita, penulisan dan tata bahasa. Atau meminta bantuan teman lain sebagai pembaca pertama dan memberikan masukan.

C. RUANG KOLABORASI

Melanjutkan kalimat berikut menjadi kalimat utuh berikut ini : Terdengar suara daun pintu dibanting. Kepalaku memutar menuju sumber suara. Kosong. Dalam remang, mataku menangkap sebuah bayang hitam. Sepertinya aku mengenalinya , bayangan itu sudah berada tepat di depan mataku. Terasa hawa dingin menjalar ke sekujur tubuhku. Kakiku tiba-tiba saja tidak bisa digerakkan, indra penciumanku menangkap aroma anyir darah. Dan bruk aku sudah tidak ingat apa-apa lagi. 

D. DEMONSTRASI KONTEKSTUAL 

Peserta membuat 5 cerita fiksi, kemudian membuat premisnya

Tema : HUman TRafiiking

Premis : Kisah Rinto Membongkar Skandal Perdagangan Manusia

E. ELABORASI PEMAHAMAN

Mencari referensi lain sebagai bahan belajar terkait materi cerita fiksi

F. KONEKSI ANTAR MATERI

Membuat rangkuman singkat terkait dengan materi yang diberikan.

G. AKSI NYATA 

Membuat resume dengan gaya fiksi. 


Kalabahi, 14 Juli 2023

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BERKAH MENULIS ALA BU RITA WATI

BETTER LATE THAN NEVER