MENULIS ITU MUDAH

 


Oleh: Lilyanti Idris

Resume : 10

Gelombang : 29

Hari/ Tanggal : SENIN,  17 JULI 2023

Tema : MENULIS ITU MUDAH 

Nara sumber : Prof. Dr. NGAINUN NAIM

Moderator : YANDRI NIVITA SARI, S.Pd


Awal pertemuan malam ini kami disajikan sebuah tulisam yang dibuat oleh Nara Sumber saat berkunjung ke Tanah Toraja. Saat membaca kisah tersebut saya merasa tulisan tersebut sangat ringan dan mudah dipahami dan runtut kisahnya. Bahasa yang sederhana seolah kita sedang mendengarkan kisah itu secara lisan dituturkan. 

Beberapa hal yang perlu diperhatikan agar menulis itu menjadi mudah.

1. Tulislah apa yang diketahui.

Menulis pengalaman pribadi adalah hal yang palinh mudah untuk dilakukan. Jangan menulis hal yang tidak diketahui. Sebagai guru pengalaman selama mengajar sangat baik untuk ditulis karena sesuai dengan real kenyataan di sekolah. 

2. Yakinkan dalam diri Anda bahwa menulis itu memang mudah.

Jangan pernah berpikir bahwa tukisan itu sulit. Bedakan antara PIKIRAN dan PRAKTIK dalam menulis. PIKIRAN kunci penting menentukan tindakan. Jika kita memulai sresuatu jangan mudah putus asa dan patah arang, jika menghadapi kesulitan terus berhenti maka akan sia-sia. 

Tetapi jika menganggapnya mudah , akan menjadi mudah betul. Hambatan akan bermetamorfosis menjadi tantangan..

3. Menulislah sedikit demi sedikit tidak harus banyak, kuncinya KONSISTEN.

Selalu tanamkan dalam diri untuk menulis setiap ada kesempatan. Terserah mau menulis menggunakan media apa saja yang membuat kita nyaman untuk mengekspresikan tulisan.

4. Tulis apa yang anda pikir. Jangan pikir apa yang akan ditulis. Pokoknya menulis saja. Karena menulis itu dunia aksi bukan teori. 

Sepertinya trik NGEMIL adalah cara yang paling mudah bagi saya untuk One Day ONe Paragraph (ODOP).

5. Jangan menulis sambil dibaca atau diedit.

Menulis harus fokus apa yang ada di dalam pikiran. waktu menulis dan mengedit harus beda waktunya biar bisa fokus. Jika menulis dan mengedit bersamaan maka membuat tulisan akan sulit selesai. 

Sebagai penutup Nara Sumber menggunakan slogan 3M yang dicetuskan oleh AA Gym yaitu :

M : Mulai dari diri sendiri, 

M : Mulai dari hal kecil

M : Mulai sekarang juga; 

Menulis itu mudah ketika DIPRAKTIKKAN bukan hanya DIDISKUSIKAN.


Menjawab pertanyaan dari peserta asal Ambon, Pak Ahmad, S.Pd tentang alasan beliau menjadi seorang penulis, caranya membagi waktu antara menulis dan bekerja. Serta pengalaman buruk saat menulis, seperti tidak ada pembaca, tulisan tidak disukai dan hal lainnya. 

Menanggapi  3 pertanyaan tersebut  beliau mengatakan pernah mengidolakan Hilman Hariwijaya sang penulis novel LUPUS. Mimpinya adalah bisa seperti Hilman . Tetapi sekarang beliau telah yakin dengan dengan dirinya sendiru. Karena beliau sadar menulis telah memberikan manfaat bukan hanya untuk diri sendiri dan orang lain. Selain itu dengan menulis telah memberikan keberkahan dalam hidupnya.

Cara membagi waktunya adalah  saat bekerja disempatkan untuk menulis. Tidak perlu banyak, cukup sehari 1-2 paragraph. Tetapi usahakan untuk menulis setiap hari. 

Jika menulis alangkah lebih baik menulis pengalaman yang baik-baik saja. Tulisan yang mengalir adalah hasil dari proses panjang. Teruslah menulis, suatu saat tulisan anda akan indah.


Kalabahi, 17 Juli 2023

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BERKAH MENULIS ALA BU RITA WATI

KIAT MENULIS FIKSI By "MAZMO"

BETTER LATE THAN NEVER