MENULIS SETIAP HARI

 

RESUME MENULIS PERTEMUAN 1

KBMN 29 PGRI

MENULIS SETIAP HARI

Gbr. Om Jay sebagai Pemateri 

Menurut kalian apa makna di balik judul tersebut? kalau  menurut saya menulis setiap hari adalah mengekspresikan apa yang kita lihat dan yang kita rasajan setiap hari untuk dituangkan ke dalam rangkaian kata-kata penuh makna.

Seperti malam ini, melalui kelas KBMN 29 PGRI kami memulai kegiatan diklat dengan tema ‘’ Menulis setiap hari’’. Adapun yang menjadi pematerinya adalah Dr. Wijaya Kusumah, M. Pd., dengan dimoderatori oleh Ibu Raliyanti.

Bapak Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd atau biasa disapa Om Jay adalah seorang guru pada SMP Labschool Jakarta sebagai pengajar bidang studi TIK/INFORMATKA. Tahun lalu beliau berhasil  mendapatkan gelar Doctor Pendidikan pada program studi Teknologi Pendidikan Paska Sarjana UNJ. Judul disertasinya adalah Pengelolaan Blog Kolaboratif Untuk Meningkatkan Ketrampilan  Menulis Siswa.

Ada banyak sekali prestasi yang dimilikinya dan bisa menjadi motivasi kita untuk menjadi seorang penulis salah satunya yakni dengan memberikan materi pelatihan atau workshop, khususnya pelatihan guru menulis dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Om Jay selalu mempublikasikannya ke blog https;//kompasiana.com/wijayalabs.

Menurut om Jay ‘’menulis dan membaca adalah sebuah kebutuhan. Seperti makan dan minum kita perlu menulis untuk menambah asupan nutrisi yang bermanfaat. Ketika menyampaikan materi ini Om Jay masih berkutat dengan tanggung jawabnya sebagai seorang guru di kelas 7 dan 8 SMP Labschool Jakarta.

Salah satu pointnya adalah kita harus bisa menjadikan menulis itu sebagai suatu kebutuhan. Dengan menulis kita mampu untuk mengasah kemampuan yang kita miliki untuk  berbagi.

    Ada sebuah buku yang menjadi sumber inspirasi bagi Om Jay yaitu  ‘’Menulis itu Menyenagkan’’ karya SIM Chung Wei.

Dengan membiasakan diri setiap hari untuk menulis, maka tidak menutup kemungkinan kita akan menjadi seorang penulis yang handal. Tidak perlu panjang cukup 3 alinea sebagai permulaan itu saran dari Om Jay.

Selanjutnya kita bisa menulis di blog pribadi agar lebih mudah untuk curhat dan tulisan kita akan aman tersimpan di sana. Jika tulisan kita bermanfaat bagi orang lain maka secara tidak langsung kita sudah bersedekah ilmu.

Untuk bagian kedua dari pertemuan malam ini adalah diisi diskusi dan tanya jawab yang diatur oleh Moderator, Ibu Raliyanti. Semua pertanyaan yang berkaitan dengan trik dan teknik menulis yang diajukan oleh beberapa peserta dijawab dengan baik oleh Om Jay. 

Insha Allah pertemuan pertama ini akan membawa angin segar untuk kita semua dalam memaknai gerakan literasi di sekolah. seperti kata Om Jay ''menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi.''


Kalabahi, 19 Juni 2023

 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BERKAH MENULIS ALA BU RITA WATI

KIAT MENULIS FIKSI By "MAZMO"

BETTER LATE THAN NEVER