MENULIS BIOGRAFI

 

Resume : 23

Gelombang : 29

Hari/ Tanggal : JUMAT,  18 AGUSTUS 2023

Tema :  MENULIS BIOGRAFI

Nara Sumber : LELY SURYANI, S.Pd. SD

Moderator : GINA DWI SEPTIANI, S.Pd.,M.Pd


Imam Ghazali pernah berkata, "Kalau kamu bukan anak raja dan bukan anak ulama besar, maka menulislah"

Kalimat pengantar yang menggetarkan sendi dan menghujam hingga ke ulu hati. Meskipun tersendat karena harus merawat orang tua yang sedang sakit di rumah sakit. Saya berusaha untuk menyelesaikan resume  pertemuan ini.

Seperti kata pepatah ‘’biar lambat asal selamat, tak akan lari gunung di kejar.’’

Profil narasumber berikut ini. https://lelysuryanikreatifinspiratif.blogspot.com/2023/01/profil-lely-suryani.html

Mengenalnya adalah anugerah luar biasa karena beliau orang pertama yang menjadi editor pada tulisan saya di melintas.id.  Bagi saya beliau adalah seorang guru yang serba bisa dan pandai di segala bidang. Mengapa? Karena di sela kesibukan sebagai seorang guru tetapi beliau mampu mengatur waktu di melintas.id dan kelas KBMN ini.

Saya menyesal karena tidak bisa mengikuti game yang beliau berikan, bertepatan dengan harus mengantar orang tua ke rumah sakit. Saya hanya bisa menyimak dan mencoba untuk  meresume inti sarinya saja. Mudah-mudahan  bisa dipahami dan dimengerti oleh pembaca.

Game yang harus di jawab oleh masing-masing peserta berkaitan dengan materi yang akan dipelajari.

1. Apa yang dimaksud dengan Biografi?

2. Apa yang dimaksud dengan Autobiografi?

3. Berapa usia Om Jay tahun ini?

4. Siapa nama guru Om Jay?

5. Apa motovasi anda mengikuti Kelas Belajar Menulis Nusantara?

Semua pertanyaan ini bisa dilihat pada artikel yang tertera di bawah ini :

https://www.melintas.id/literasi/342754863/menulis-buku-biografi-secara-efektif-mudah-dan-cepat-ikuti-saja-aturan-mainnya-dijamin-tokcer

Penulisan biografi salah satu cirinya yaitu:

Dari segi isi tulisan, karena kisah nyata perjalanan seseorang, maka tulisan dimulai dari perjalanan semasa kecil, masa dewasa, kisah asmara dan pencapaian atau keberhasilan yang bisa memotivasi dan menginspirasi orang lain/ pembaca.

Autobiografi adalah biografi atau riwayat hidup seseorang yang ditulis sendiri oleh yang bersangkutan.

Kriteria seseorang untuk disebut sebagai tokoh :

Jika dalam lingkup RT misalnya.. ya warga RT setempat yang mengetahuinya.

Selain itu.. kemampuan.. keberhasilan-keberhasilan seseorang pada bidang tertentu  yang bisa menjadi motivasi, inspirasi banyak orang.

Ada lagi dengan tokoh pada sebuah  cerita.. ada tokoh utama.. ada tokoh figuran, ada tokoh protagonis. asa tokoh antagonis

Terkait dengan tokoh pada penulisan biografi, ini adalah tokoh nyata dengan fakta yang mengelilinginya.maka kisahnya adalah kisah nyata.

Bionarasi adalah sebuah kata yang dibentuk dari gabungan dua kata: Biodata dan Narasi. Dalam KBBI, biodata berarti riwayat hidup singkat, sedangkan narasi berarti kisah atau cerita. Artinya, bionarasi adalah sebuah biodata atau riwayat hidup seseorang yang kemudian dijadikan sebuah tulisan dalam bentuk narasi.

Cara untuk menjadikan kita sebagai orang yang bermanfaat dan bermartabat adalah dengan memaksimalkan potensi yang ada di dalam diri, sadar akan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Jadikan kekurangan sebagai motivasi untuk memperbaiki kekurangan bukan menjadi penghambat kemajuan.

Adapun motivasi saya mengikuti KBMN PGRI 29 ini adalah untuk mempererat silaturahmi dengan sesame serta bisa menambah wawasan tentang hal-hal yang berkaitan dengan dunia tulis menulis.

 '' Suarakan hatimu dengan tulisan, Insha Allah dunia mengakuimu.''

Kalabahi, 20  Agustus 2023

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BERKAH MENULIS ALA BU RITA WATI

KIAT MENULIS FIKSI By "MAZMO"

BETTER LATE THAN NEVER