Resume : 19Gelombang : 29
Hari/ Tanggal : SENIN, 7 AGUSTUS 2023
Tema : TEKNIK PROMOSI BUKU
Nara Sumber : AKBAR ZAINUDDIN, MM.,MNE
Moderator : MULIADI
Asslamualaikum warahmtullahi wabarakatuhu
Nara sumber pada malam hari ini adalah seorang yang bagi saya adalah seorang alumni Pondok Pesantren Gontor. Beliau terkenal sebagai penulis buku ''MAN JADA WA JADDA''. Beliau adalah Bapak Akbar Zainudin. Buku ini adalah buku solo pertama yang beliau tulis dan telah ribuan exemplar yang beredar. Hingga kini telah 15 buku yang beliau hasilkan sejak tahun 2010 hingga sekarang.
Beliau membrandingkan diri sebagai motivator dan penulis buku-buku motivasi. Karena itu, apa yang tulis hampir semuanya buku-buku tentang motivasi. Agar jika orang dengar nama Akbar Zainudin, tidak jauh-jauh dari motivasi. Ada motivasi belajar, motivasi hidup, motivasi kerja, motivasi bisnis, motivasi menulis, dan juga motivasi agama.
UKTUB; adalah buku Panduan Menulis Buku dalam 180 hari. Buku ini berisi panduan menulis dari A sampai Z. Sarannya kita harus memiliki buku ini, karena ada 150an alamat penerbit yang bisa dikirimi naskah, anggota IKAPI.
Buku ini merupakan materi pembelajaran pada Diklat Menulis yang beliau adakan saat pandemi covid yang dilakukannya secara online. Dengan kemampuannya ini beliau berhasil keliling Indonesia dengan mudah.
Buku kedua yang tak kalah menariknya adalah KETIKA SUKSES BERAWAL DARI PESANTREN. Ini adalah buku motivasi khusus buat santri dan santriwati. Menjadi laris karena memang beliau sebarkan bersama pelatihan motivasi untuk para santri dan santriwati seluruh Indonesia.
Materi pelatihan di pesantren terbagi atas dua jenis yaitu : seminar motivasi dan pelatihan menulis buku. Seminar motivasi untuk seluruh santri agar betah di pesantren, punya impian besar, lebih menghormati guru dan orang tua. Untuk pelatihan menulis, biasanya beliau buat teorinya , lalu dilanjutkan dengan praktik menulis. Hasil tulisan para santri diketik di komputer, lalu dijadikan sebagai buku antologi.
Buku terbaru adalah The Power of Man Jadda Wajada. Semacam penyempurnaan dari Man Jadda Wajada seri pertama. Buku untuk guru adalah GURU HEBAT MAN JADDA WAJADA.
STRATEGI PROMOSI BUKU
APA ITU PROMOSI BUKU
Promosi adalah cara kita memberikan informasi tentang produk kepada konsumen agar mereka tertarik dan mau membeli produk kita. Promosi buku adalah cara kita mengenalkan buku yang kita miliki kepada audiens kita agar mereka tertarik dan mau membeli.
MENGAPA PROMOSI BUKU ITU PENTING
Promosi buku itu penting karena sebagus apapun buku kita kalau konsumen atau audiens tidak mengetahui produk kita, maka mereka tidak akan tertarik, apalagi mau membeli buku kita.
Beberapa tujuan dari promosi buku adalah:
1. Membuat audiens mengenal (tahu) buku kita.
2. Membangkitkan kebutuhan konsumen untuk membeli buku kita. Bagaimana caranya yang tadinya mereka tidak butuh, tetapi setelah kita promosikan menjadi butuh.
3. Meyakinkan konsumen untuk membeli buku.
4. Mengharapkan konsumen agar mau merekomendasikan buku kita kepada orang lain.
TUJUH PROGRAM PROMOSI BUKU.
Program promosi bisa dilakukan oleh penerbit maupun penulis. Beberapa program promosi yang bisa dilakukan.
PERTAMA, LAUNCHING BUKU.
Adalah program untuk meluncurkan buku baru. Tempatnya bisa di mana saja. Yang mengadakan bisa penerbit maupun penulis. Bisa dibiayai oleh penulis maupun penerbit. Sebagai penulis kita wajib meyakinkan penerbit jika buku kita pasti laris.
Saat ini semua akan terasa mudah karena kita dapat mempromosikan hasil karya kita melalui media sosial.
KEDUA, BEDAH BUKU.
Bedah buku adalah acara diskusi untuk membedah isi buku kita. Bedah buku ini bisa secara online maupun offline. Offline artinya kita menyelenggarakan bisa bekerjasama dengan berbagai lembaga. Lembaga pendidikan, perpustakaan, majlis taklim, masjid, dan sebagainya.
KETIGA, SEMINAR ATAU PELATIHAN
Lakukan seminar ataupun workshop sesuai dengan tema buku kita.
KEEMPAT, MEMBANGUN KOMUNITAS
Komunitas yang kita bangun adalah komunitas yang disesuaikan dengan tema buku kita. Kalau buku kita temanya motivasi, maka kita tuliskan buku-buku tentang motivasi. Buku tentang guru, maka bangun komunitas guru. Buku tentang menulis, bangun komunitas menulis. Buku tentang Ice Breaking, bangun komunitas Ice Breaking. Buku tentang bahasa, bangun komunitas bahasa.
Komunitas membuat kita lebih dekat dengan pembaca sehingga memudahkan kita untuk menawarkan mereka dalam membeli buku.
KELIMA, MEMBANGUN JARINGAN RESELLER
Reseller adalah orang-orang yang mau menjualkan buku kita dan mendapatkan buku dari hasil yang terjual. Kita berikan 20-30 persen komisi dari harga jual. Misalnya harga jual buku kita Rp 100.000, kita kasih 20-30%, kita berikan materi-materi yang terkait buku kita, sehingga lebih mudah bagi mereka untuk menjual.
KEENAM, JUALAN DI MARKETPLACE
Buka toko di marketplace (Lazada, Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dan sebagainya). Membuka toko di marketplace akan meluaskan promosi dan distribusi kita.
Yang penting keberadaan kita dan buku kita ada. Itulah pentingnya ada di marketplace. Jadi kalau ada orang mencari judul buku kita, bisa ditemukan.
KETUJUH, MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL (Medsos) untuk promosi buku.
Manfaatkan sebaik-baiknya followers dan subscriber dengan memberikan informasi tentang buku. Setiap hari, kita buat status terkait tema buku yang kita tulis, sehingga orang semakin paham dengan buku yang kita tulis.
Dan jangan setiap hari isinya jualan. Lebih banyak sharing-sharing, baru selling. Lebih banyak memberikan pengetahuan kepada para pembaca sehingga mereka merasa ada manfaat menjadi followers kita.
POINTNYA adalah : Tulislah setiap hari sampai selesai, terus menulis, terus menulis,.
Menulis itu bukan pengetahuan tetapi ketrampilan yang perlu dilatih terus menerus.
Kalabahi, 7 Agustus 2023
Produk apa yang pernah anda promosikan?
BalasHapusmantap bun,
BalasHapus