HOW to WRITE A GOOD RESUME


Oleh: Lilyanti Idris

Resume : 3 

Gelombang : 29

Tema. : TEKNIK PENULISAN RESUME

Nara sumber : Raliyanti, S. Sos, S.Kom. M. Pd

Moderator : Purbaniasita Kusumaning Sedyo, S. Pd 


Tak kenal maka tak sayang, tetapi kalau sudah kenal tak saling sapa itu masalah. Sepintas saya membaca nama narasumber Raliyanti koq mirip sekali dengan nama saya. kebetulan sekali kami sudah saling berinteraksi di pertemuan pertama KBMN 29  karena  beliau bertindak sebagai moderator dan Om JAY sebagai pematerinya. Tetapi malam ini, luar biasa beliau akan bertindak sebagai Pemateri dengan judul yang sangat menarik yaitu  TEKNIK PENULISAN RESUME. saya pun tidak sabar untuk segera memasuki room, meskipun tanda masuk belum di berikan oleh moderator Ibu Purbaniasita Kusumaning Sedyo, S. Pd. Kalau dengan moderator Alhamdulillah gelar kami sama. Keduanya merupakan anggota tim solid Om Jay.

Pengalamannya yang paling berkesan adalah ketika diajak bergabung ke tim solid Om JAY oleh Ibu Aam Nurhasanah untuk menjadi moderator dan pembuat flyer. Selanjutnya ia  juga diminta untuk mendesain cover, layout,  menjadi  kurator dan editor buku.

Menurut aturan dalam setiap kelas belajar menulis, setiap peserta diminta untuk membuat resume dan diposting di blog. Link postingannya dikirim ke link pengumpulan tugas dan dishare di grup KBMN. moment ini sering digunakan oleh semua peserta untuk berlomba siapa yang tercepat mengumpulkan resume. Seperti di arena balap pasti ada yang mendapat peringkat 1, 2, 3 dan seterusnya. Selanjutnya kita beralih ke materi inti malam ini

Menurut pengertiannya Resume adalah ringkasan atau rangkuman dari sebuah karangan atau tulisan yang panjang. Ketika menuliskan resume yang diperlukan adalah intisari atau pokok informasi, dengan tidak menghilangkan  detil atau bagian penting dari tulisan tersebut. 

 Resume  yang baik harus memuat informasi-informasi berikut:

1. Judul materi dan nama narasumber

2. Ringkasan singkat tentang tema utama materi

3. Bagian-bagian penting dari materi yang dipilih untuk disertakan dalam resume

Cara Menulis Resume dengan benar:

1. Amati materi dari Narasumber dengan baik.

2. Modifikasi materi yang diberikan narasumber menjadi bahasa sendiri dengan kaidah penulisan yang baku.

3. Hindari copy paste seluruh materi narasumber

4. Kembangkan materi yang disampaikan narasumber dengan relevansi materi dari luar yang related.

5. Berikan kesimpulan di akhir penjabaran resume atau tepatnya sebelum kalimat penutup.

6. Yang terpenting dalam membuat resume adalah membuatnya dengan gaya bahasa sendiri, agar tulisan kita memiliki seni yang khas.

Hal penting yang harus diperhatikan dalam membuat resume 

1. Tulis Resume dengan Paragraf Pendek-pendek. Karena, paragraf yang panjang cenderung membuat pembaca menjadi jenuh.

2. Tulis pernyataan narasumber dengan gaya Parafrashe, yaitu kalimat pengulangan yang dikemas dengan gaya bahasa sendiri

Berikut ini adalah  trik menulis cepat  yang disampaikan oleh Bu Maisaroh 


Berdasarkan keterangan pada flyer tersebut, yang harus dilakukan ketika membuat resume adalah   10 menit sebelum kuliah dimulai peserta hendaknya menyiapkan laptop yang sudah terhubung dengan Wa Web. Menuliskan narasi singkat  yang berkaitan dengan materi yang akan disampaikan, dan materi penutup.Resume sebaiknya ditulis dengan kalimat yang pendek agar mudah dipahami oleh pembaca. Jika hendak memuat pernyataan dari narasumber dengan gaya bahasa paralelisme yaitu kalimat pengulangan dibuat dengan bahasa sendiri namun artinya tetap sama.

Metode  dua perangkat, yaitu gawai dan laptop. 

Untuk metode ini bersifat opsional  tergantung kecepatan pembuat resume untuk mengumpulkan tulisan pada link.


Selanjutnya adalah " set out mind"

Pada bagian ini  Resume yang baik akan menjadi berbobot apabila

1. Resume yang berada pada posisi pertama akan menarik perhatian orang untuk membacanya. 

2. Bahasa yang digunakan harus menarik, agar bisa menjadi pembeda dengan orang lain. 

3. Referensi diperlukan untuk menambah wawasan dan menguatkan resume yang disajikan.

4.Tulisan dibuat dengan bahasa yang mudah dipahami agar menarik perhatian orang untuk membacanya. 

Selain keempat cara tersebut ada metode jitu yang sering digunakan agar resume kita mendapat peran di hati pembaca adalah  menulis di blog keroyokan. Setiap blog yang sering dikunjungi mendapatkan hadiah atau reward. Maka block walking atau saling berkunjung di blog masing-masing adalah sangat penting.

Hindari Plagiarisme. Mengapa karena akan mengurangi nilai keaslian tulisan kita.

Selanjutnya adalah Be Confident Writing in Blog ( Percaya diri menulis di blog) 

Ada beberapa cara untuk menumbuhkan sikap mental baja dalam menulis. 

1. Percaya diri. Tidak perlu malu dan rendah diri dengan apa yang kita tulis. 

2. Jika ingin maju berarti siap menerima segala kritikan. 

3. Membuat blog pribadi, untuk menuangkan ide atau gagasan yang kita miliki di berbagai blog yang berbeda. 

 Sebagai penutup malam ini kita  gunakan closing statement dari pemateri Ibu Raliyanti yaitu '' Menulislah selagi kita masih  punya keinginan untuk menulis.''

Percaya diri dan  yakin dengan kemampuan yang dimiliki. Tulislah apa yang kita rasakan atau kita alami biarkan mengalir indah dalam untaian kalimat yang bisa membahagiakan. 

Semakin banyak kita belajar  dan membaca akan semakin banyak pula ide dan gagasan kita untuk menulis.


Kalabahi, 23 Juni 2023

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BERKAH MENULIS ALA BU RITA WATI

KIAT MENULIS FIKSI By "MAZMO"

BETTER LATE THAN NEVER