HOW to WRITE A GOOD RESUME
Oleh: Lilyanti Idris
Resume : 3
Gelombang : 29
Tema. : TEKNIK PENULISAN RESUME
Nara sumber : Raliyanti, S. Sos, S.Kom. M. Pd
Moderator : Purbaniasita Kusumaning Sedyo, S. Pd
Tak kenal maka tak sayang, tetapi kalau sudah kenal tak saling sapa itu masalah. Sepintas saya membaca nama narasumber Raliyanti koq mirip sekali dengan nama saya. kebetulan sekali kami sudah saling berinteraksi di pertemuan pertama KBMN 29 karena beliau bertindak sebagai moderator dan Om JAY sebagai pematerinya. Tetapi malam ini, luar biasa beliau akan bertindak sebagai Pemateri dengan judul yang sangat menarik yaitu TEKNIK PENULISAN RESUME. saya pun tidak sabar untuk segera memasuki room, meskipun tanda masuk belum di berikan oleh moderator Ibu Purbaniasita Kusumaning Sedyo, S. Pd. Kalau dengan moderator Alhamdulillah gelar kami sama. Keduanya merupakan anggota tim solid Om Jay.
Pengalamannya yang paling berkesan adalah ketika diajak bergabung ke tim solid Om JAY oleh Ibu Aam Nurhasanah untuk menjadi moderator dan pembuat flyer. Selanjutnya ia juga diminta untuk mendesain cover, layout, menjadi kurator dan editor buku.
Menurut aturan dalam setiap kelas belajar menulis, setiap peserta diminta untuk membuat resume dan diposting di blog. Link postingannya dikirim ke link pengumpulan tugas dan dishare di grup KBMN. moment ini sering digunakan oleh semua peserta untuk berlomba siapa yang tercepat mengumpulkan resume. Seperti di arena balap pasti ada yang mendapat peringkat 1, 2, 3 dan seterusnya. Selanjutnya kita beralih ke materi inti malam ini
Menurut pengertiannya Resume adalah ringkasan atau rangkuman dari sebuah karangan atau tulisan yang panjang. Ketika menuliskan resume yang diperlukan adalah intisari atau pokok informasi, dengan tidak menghilangkan detil atau bagian penting dari tulisan tersebut.
Resume yang baik harus memuat informasi-informasi berikut:
1. Judul materi dan nama narasumber
2. Ringkasan singkat tentang tema utama materi
3. Bagian-bagian penting dari materi yang dipilih untuk disertakan dalam resume
Cara Menulis Resume dengan benar:
1. Amati materi dari Narasumber dengan baik.
2. Modifikasi materi yang diberikan narasumber menjadi bahasa sendiri dengan kaidah penulisan yang baku.
3. Hindari copy paste seluruh materi narasumber
4. Kembangkan materi yang disampaikan narasumber dengan relevansi materi dari luar yang related.
5. Berikan kesimpulan di akhir penjabaran resume atau tepatnya sebelum kalimat penutup.
6. Yang terpenting dalam membuat resume adalah membuatnya dengan gaya bahasa sendiri, agar tulisan kita memiliki seni yang khas.
Hal penting yang harus diperhatikan dalam membuat resume
1. Tulis Resume dengan Paragraf Pendek-pendek. Karena, paragraf yang panjang cenderung membuat pembaca menjadi jenuh.
2. Tulis pernyataan narasumber dengan gaya Parafrashe, yaitu kalimat pengulangan yang dikemas dengan gaya bahasa sendiri
Berikut ini adalah trik menulis cepat yang disampaikan oleh Bu Maisaroh
Berdasarkan keterangan pada flyer tersebut, yang harus dilakukan ketika membuat resume adalah 10 menit sebelum kuliah dimulai peserta hendaknya menyiapkan laptop yang sudah terhubung dengan Wa Web. Menuliskan narasi singkat yang berkaitan dengan materi yang akan disampaikan, dan materi penutup.Resume sebaiknya ditulis dengan kalimat yang pendek agar mudah dipahami oleh pembaca. Jika hendak memuat pernyataan dari narasumber dengan gaya bahasa paralelisme yaitu kalimat pengulangan dibuat dengan bahasa sendiri namun artinya tetap sama.
Metode dua perangkat, yaitu gawai dan laptop.
Untuk metode ini bersifat opsional tergantung kecepatan pembuat resume untuk mengumpulkan tulisan pada link.
Selanjutnya adalah " set out mind"
Pada bagian ini Resume yang baik akan menjadi berbobot apabila
1. Resume yang berada pada posisi pertama akan menarik perhatian orang untuk membacanya.
2. Bahasa yang digunakan harus menarik, agar bisa menjadi pembeda dengan orang lain.
3. Referensi diperlukan untuk menambah wawasan dan menguatkan resume yang disajikan.
4.Tulisan dibuat dengan bahasa yang mudah dipahami agar menarik perhatian orang untuk membacanya.
Selain keempat cara tersebut ada metode jitu yang sering digunakan agar resume kita mendapat peran di hati pembaca adalah menulis di blog keroyokan. Setiap blog yang sering dikunjungi mendapatkan hadiah atau reward. Maka block walking atau saling berkunjung di blog masing-masing adalah sangat penting.
Hindari Plagiarisme. Mengapa karena akan mengurangi nilai keaslian tulisan kita.
Selanjutnya adalah Be Confident Writing in Blog ( Percaya diri menulis di blog)
Ada beberapa cara untuk menumbuhkan sikap mental baja dalam menulis.
1. Percaya diri. Tidak perlu malu dan rendah diri dengan apa yang kita tulis.
2. Jika ingin maju berarti siap menerima segala kritikan.
3. Membuat blog pribadi, untuk menuangkan ide atau gagasan yang kita miliki di berbagai blog yang berbeda.
Sebagai penutup malam ini kita gunakan closing statement dari pemateri Ibu Raliyanti yaitu '' Menulislah selagi kita masih punya keinginan untuk menulis.''
Percaya diri dan yakin dengan kemampuan yang dimiliki. Tulislah apa yang kita rasakan atau kita alami biarkan mengalir indah dalam untaian kalimat yang bisa membahagiakan.
Semakin banyak kita belajar dan membaca akan semakin banyak pula ide dan gagasan kita untuk menulis.
Kalabahi, 23 Juni 2023
Mantap Bunda, semangat terus :D
BalasHapusAlhamdulillah sayang, Terimakasih 🙏
BalasHapusKeren judulnya berbahasa inggris
BalasHapus